Sunday, January 15, 2012

Belajar Fotografi


Seiring dengan perkembangan fotografi sekarang ini berbagai tingkat usia yang menyukai hal fotografi, terutama digital fotografi. Hampir dalam setiap bagian kegiatan manusia tidak terlepas dari aspek fotografi, mulai dari kegiatan jurnalistik sampai kegiatan yang menyangkut pribadi. Belajar fotografi tidak akan ada habisnya, banyak jenis fotografi yang dapat kita pelajari mulai dari pemandangan, sosial, anak-anak, keluarga, pernikahan, dan lebih banyak lagi. Banyak yang bilang hobi fotografi itu hobi yang mahal, dan itu memang kenyataannya, kamera DSLR yang sekarang
digunakan realtif cukup mahal, untuk membeli yang paling murah saja harus menabung dulu, namun hal itu sebanding dengan kepuasan yang di dapat ketika kita mampu mengabadikan kejadian yang luar biasa. Bicara tentang fotografi bukan juga kita harus memiliki kamera DSLR, kita dapat juga mengabadikan moment tertentu menggunakan kamera saku ataupun analog. Maka dari itu apappun jenis kamera yang di gunakan, terus kembangkan kemampuan dan banyak berlatih dan jangan cepat puas.
Beberapa hal yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kreativitas dan kualitas dalam fotografi :
Buku, kursus
Walaupun banyak orang belajar fotografi secara otodidak melalui buku, namun fotografi bisa juga dipelajari melalui pendidikan yang bisa di dapatkan dengan kursus ataupun mengikuti workshop secara berkesinambungan. Gaya pembelajaran pada setiap orang dapat berbeda-beda, ada yang otodidak, tapi banyak pula yang perlu dibantu. Untuk itu kita harus mengenali gaya pembelajaran masing-masing, jika memang kita merasa otodidak maka kita dapat menginvestasikan buku dan latihan sendiri. Tetapi bila kita merasa perlu pembimbing dalam latihan, jangan ragu untuk bertanya demi membantu kita meningkatkan hasil jepretan . 

Networking 
Selain buku dan kursus kita juga perlu membangun jaringan, jaringan ini akan sangat bermanfaat. Kita akan bisa berbagi pengetahuan mengenai dunia fotografi dan juga dapat membangun semangat dalam mempraktikkan ilmu fotografi yang kita punya.

Praktek
Praktik merupakan hal yang penting di dalam fotografi, sia-sia jika hanya mengerti, menguasai dan memahami ilmu dasar fotografi, tetapi tidak di praktekkan. Praktek perlu untuk melihat sejauh mana kita mampu menerapkan wawasan dan ilmu fotografi yang kita dapat. Gunakan kesempatan berlatih dimana dan kapan saja.Misalnya seperti acara keluarga, pesta ulang tahun, atau acara pernikahan.
Mencoba berbagai jenis fotografi. Dengan mencoba berbagai jenis fotografi, kita akhirnya akan mengetahui jenis gaya fotografi apa yang kita minati dan jangan ragu-ragu untuk mencoba sesuatu hal yang baru untuk menciptakan serta mengembangkan gaya kita sendiri.
(x's-presikan aksimu \m/)

No comments:

Post a Comment