Friday, January 27, 2012

Lensa

Sebagai Fotografer yang baik, kita harus bisa memahami dan mengoperasikan kamera sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, memilih lensa dan menggunakan lensa dengan baik juga sangat penting. Didalam dunia fotografi digital SLR, banyak pilihan lensa yang bisa digunakan. Lensa tersusun atas elemen-elemen yang kompleks -- disusun dengan presisi tinggi. Dalam hal fotografi lensa juga merupakan hal penting ke dua selain kamera, lensa yang di gunakan dalam fotografi mempunyai beberapa jenis, tergantung dalam pemenuhan kebutuhan sang fotografer.

Jenis-jenis lensa
1. Lensa Zoom
2.Lensa wide/Lebar
3.Lensa telephoto
4.Lensa standar
5.Lensa khusus
6.Lensa makro

Hal penting yang berkaitan dengan lensa:

* Jarak Fokus Lensa 
 Secara teknis, jarak fokus lensa adalah jarak antara pusat lensa dengan titik fokus. Jarak fokus lensa mengendalikan perbesaran. Bila kita menggunakan lensa dengan jarak fokus 25mm, kemudian kita menggunakan lensa dengan jarak fokus 50mm akan membuat objek foto menjadi dua kali lebih besar dari sebelumnya.

* Bukaan Lensa
Bukaan minimum dan maksimum dimiliki setiap lensa, tapi biasanya di lensa hanya tertulis bukaan terbesar/maksimum. Semakin besar bukaan / aperture, semakin banyak cahaya yang masuk dalam ruang tajam (depth of field)menjadi tipis. Maka dari itu, lensa dengan bukaan yang besar biasanya lebih praktis daripada lensa yang maksimum bukaannya kecil.

No comments:

Post a Comment